• Cara Memilih Sepeda Statis

    Cara Memilih Sepeda Statis

    Bersepeda memang sangat menyenangkan ditengah kesibukan dan waktu yang terbatas untuk berolahraga kini sudah banyak alat olahraga yang ditawarkan oleh beberapa toko, salah satunya sepeda statis. Banyak yang bilang bahwa sepeda statis sama seperti sepeda pada umumnya, namun penggunannya berada di dalam ruangan sedangkan sepeda biasanya di luar rumah / outdoor. Anda bisa menggunakan sepeda statis dengan aman melalui beberapa trik yang diberikan. Seperti hal berikut ini..

    3 Hal Dalam Memilih Sepeda Statis

    • Pilih Tipe dan Bentuk yang Sesuai

    Sebelum membeli sepeda statis, tentukan tujuan dan sesuaikan dengan tipe mana yang cocok. Sepeda fitness ini sendiri terbagi dalam 4 tipe yang memiliki fungsinya masing-masing. Berikut penjelasannya:

    Tipe Upright : Tipe ini dapat digunakan seperti bersepeda pada umumnya. Harganya terjangkau dan cocok untuk pemula yang ingin memulai berolahraga menggunakan sepeda statis. Bagi yang ingin berolahraga berat, tipe ini mungkin bukan pilihan tetapi, tipe upright cocok untuk menurunkan berat badan.

    Tipe Recumbent : Tempat duduk pada sepeda statis ini memberikan posisi berbaring cocok bagi yang ingin berolahraga dengan nyaman. Tipe ini memberikan beban yang lebih ringan pada pinggang, sehingga bagi yang memiliki masalah nyeri punggung dapat menggunakan tipe recumbent. Selain itu, sepeda fitness ini lebih stabil dan sering digunakan sebagai rehabilitasi. Akan tetapi, cenderung lebih besar sehingga memakan tempat lebih banyak.

    Tipe Folding : Sesuai dengan namanya, tipe ini dapat dilipat dan sangat fleksibel jadi, bisa dibawa kemanapun ketika dibutuhkan. Harganya terjangkau dan strukturnya juga ringan, cocok untuk yang ingin latihan dengan tujuan meningkatkan kesehatan.

    Tipe Spin Bike :Untuk yang satu ini, merupakan tipe sepeda statis dengan beban yang lebih berat sehingga, digunakan untuk latihan yang lebih berat. Memiliki roda yang lebih besar dan berat, memberikan beban yang lebih berat pada kaki.

    • Cari Fitur Terkini (uptodate)

    Sepeda fitness dengan berbagai fitur yang dapat membantu memantau hasil latihan akan sangat membantu. Dengan adanya fitur kita jadi mengetahui waktu hingga jumlah kalori yang sudah terbakar. Dengan adanya fitur untuk mengetahui jarak tempuh dan detak jantung dapat memotivasi untuk berolahraga dan melatih ketahanan. Selain itu, dengan adanya fitur-fitur yang disediakan, olahraga bisa jadi lebih produktif.

    • Cek Beban pada Sepeda Statis

    Sepeda statis bekerja dengan memberikan beban berdasarkan berat pedal ketika kita mengayuh. Beban juga bisa disesuaikan pada beberapa model sesuai dengan kebutuhan. Simak penjelasan mengenai jenis beban tersebut berikut ini:

    Beban belt, dimana sabuk khusus dikaitkan pada roda sehingga memberi beban pada kaki ketika mengayuh

    Beban magnet, menggunakan daya magnet untuk menghasilkan beban yang ada pada roda.

    Elektromagnetik, tipe beban ini adalah pengganti magnet dan membutuhkan listrik untuk pengoperasiannya.

    Menggunakan daya elektromagnetik dan pengaturannya lebih banyak dibanding dengan beban magnet.

    Penambahan berat dengan daya gesek. Setiap gerakan pedal akan menyentuh rem, sehingga menjadi lebih berat ketika di kayuh. Biasanya dilakukan pada sepeda statis spin bike untuk olahraga yang lebih berat.

    • Sesuai Ukuran Ruangan Anda

    Sepeda statis memiliki ukuran dan berat yang bervariasi tergantung pada model yang dipilih. Perhatikan dan sesuaikan dengan ruangan agar ketika berolahraga juga jadi lebih menyenangkan. Sebaiknya, pilihlah sepeda fitness dengan ukuran kecil atau tipe folding yang lebih fleksibel agar mudah disimpan dan tidak memakan tempat banyak.

    Sepeda Statis


    Tags Tags: ,